Berikut ini rangkuman dari Pauline Cabrera dari hipmediakits.com tentang 9 Hal Yang Harus Dimiliiki Blog Jika Ingin Bekerjasama Dengan Brand Atau Produk
Memiliki blog membuka kesempatan berbisnis bagi siapa saja. Untuk memulainya bahkan bisa dengan paket gratis dari blogger atau wordpress misalnya. lalu mengembangkannya menjadi blog bisnis.
Apakah anda ingin mengembangkan blog? Apakah Anda ingin menjadi business blogger professional?
Yang perlu digaris bawahi adalah Blog Anda menggambarkan siapa Anda, so, jadilah diri sendiri. Tentunya untuk menjadi blogger bisnis anda ingin disukai. Anda ingin dipercaya bukan?
Tetapi bagaimana cara menjadi blogger bisnis professional?
Buat para brand, calon klien anda menyukai blog-mu. Buat mereka jatuh cinta dengan blog Anda.
Tunjukkan bahwa anda adalah client yang unggul, Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda adalah orang yang cocok untuk bekerjasama dengan mereka.
Di bawah ini adalah hal-hal yang ingin dilihat oleh merek ketika mereka memeriksa blog Anda. Para Brand marketer akan menilai orisinilitas blog anda. Ingat!, apa yang kita lihat adalah apa yang kita dapatkan.
freepik.com |
Berikut adalah hal-hal penting (tanpa urutan tertentu), Anda harus menjadikan brand yang anda ingin bekerja sama, menilai Anda sebagai blogger profesional yang dapat mereka percayai.
1. Desain Blog Professional
freepik.com |
Di akui atau tidak, orang-orang menilai buku dari sampulnya. Jadi tujuan pertama Anda adalah untuk menarik merek secara visual dengan situs web yang tampak profesional yang menarik bagi target pasar Anda. Merek tidak akan menganggap Anda serius jika Anda memiliki situs web yang tampak seperti amatir dan tidak professional.
Seperti apa desain situs web professional itu?
Desain situs web yang efektif harus:
• Miliki pesan yang jelas dan ringkas tentang apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda tawarkan. Anda ingin merek mencari tahu apa yang Anda lakukan ketika mereka langsung membuka situs web Anda. Saya merekomendasikan anda menaruh investasi pada copywriter atau jasa penulis konten yang baik. (nah tau kan kenapa harus sewa segalanya, Domain, hosting dan sebagainya?)
• Mudah dinavigasi dan mudah dilihat
• Memiliki tata letak yang konsisten dan “tampilan” atau tema yang konsisten untuk setiap elemen
• Memiliki font yang mudah dibaca (sangat penting!)
• Memiliki ajakan bertindak yang nyata ((a.k.a CTA (ada tombol “work with me”, tombol kontak)). Jangan menggunakan CTA yang terlalu banyak! Ini hanya akan membingungkan pengguna.
• Kompatibel dengan peramban internet utama, template yang Mobile Friendly
• Gunakan warna yang saling melengkapi satu sama lain (warna yang nyaman dilihat)
• Memiliki logo unik
Hindari penggunaan terlalu banyak gambar, latar belakang yang terlalu rumit, gifs atau elemen bergerak, gambar berkualitas rendah, musik latar, hit counter (TIDAK ADA!), Gaya tanpa tren seperti tombol 3d, bayangan, cahaya bercahaya. Dengan kata lain, hilangkan elemen yang tidak perlu yang hanya akan mengalihkan perhatian pengguna Anda.
Investasikan pada desainer web profesional yang dapat membuat desain blog khusus untuk Anda. Jika Anda memiliki anggaran, Anda dapat membeli tema hebat dari penyedia tema profesional seperti Themeforest atau Bluchic kemudian miliki desainer web untuk menyesuaikannya dengan merek Anda.
2. Halaman "About" yang kreatif
Jadi Anda telah menarik pemasar merek dengan tampilan visual blog anda, lalu apa lagi?
Hal berikutnya yang kemungkinan besar akan mereka temukan adalah halaman “about me” Anda. Buat mereka tertarik dengan anda, buat mereka tahu lebih banyak tentang Anda.
Selain memiliki sedikit uraian "About me" di sidebar atau di footer Anda, Anda harus memiliki halaman sendiri tentang keunggulan anda. Manfaatkan halaman ini untuk menunjukkan kepribadian Anda, dan gairah Anda. Halaman “About me” yang hebat terdiri dari:
• Deskripsi blog Anda - Beri tahu orang tentang apa blog Anda sebenarnya, mengapa Anda membuatnya, topik apa yang biasanya Anda posting dan mengapa blog Anda penting.
• Biografi Anda, foto diri dan cerita Anda - Pemasar merek ingin melihat latar belakang Anda, jadi beri tahu siapa Anda, dari mana Anda berasal, soroti keahlian Anda, pengalaman bertahun-tahun Anda, dan beri tahu mereka bagaimana Anda sampai ke tempat kamu hari ini. Dan eh, jangan lupa untuk menambahkan nama Anda!
• Fitur –Di mana saja Anda? Sudahkah Anda ditampilkan atau ditautkan di situs web yang kredibel? Tambahkan mereka ke halaman tentang Anda. Ini meningkatkan kredibilitas blog Anda.
• Tentang pembaca atau statistik lalu lintas Anda - Bagikan informasi singkat tentang pembaca Anda (siapa mereka) dan statistik lalu lintas Anda.
• Info kontak + tautan ke media sosial Anda - Meskipun Anda memiliki formulir kontak, Anda tetap harus selalu menempatkan formulir kontak atau tautan kontak di halaman tentang Anda untuk memudahkan mereka menghubungi Anda. Ingat, Anda menyuruh mereka membaca sampai ke bagian bawah halaman “Tentang” Anda, itu artinya mereka tertarik!
3. Media Kit yang mudah dipahami
Media kit Anda seperti sebuah resum yang Anda tunjukkan kepada brands untuk memperkenalkan diri dan blog Anda. Ini adalah tempat Anda menampilkan informasi blog Anda, biografi, audiens, dan layanan Anda.
Sebagian besar pemasar merek akan meminta perangkat media Anda karena lebih mudah bagi mereka untuk menentukan apakah mereka harus bekerja dengan Anda atau tidak.
Jadi manfaatkan media kit Anda untuk memamerkan apa yang Anda miliki dan beri tahu mengapa mereka harus bekerja dengan Anda.
Biasanya diformat dalam format PDF atau PNG dan biasanya ditautkan di navigasi atas atau di footer situs Anda. Anda juga dapat menambahkan perlengkapan media Anda di halaman "Sewa Saya" atau "Bekerja Dengan Saya".
4. Ke-Aktifan ngeblog
Pastikan bahwa Anda memiliki setidaknya 2-4 posting baru per bulan. Semakin banyak pembaruan baru, semakin baik. Tidak seorang pun ingin bekerja dengan seseorang yang tidak pernah memposting konten baru. Itu sebabnya Anda adalah blogger bisnis terbaik bukan?
Juga, pastikan bahwa Anda telah melibatkan pembaca. Jadi selalu promosikan setiap kali Anda memposting konten baru.
5. Aktif di Sosial Media
Sebagian besar merek lebih memilih blogger dengan pengikut aktif dan terlibat jadi pastikan saluran media sosial yang Anda tautkan di situs atau perangkat media Anda aktif.
Anda dapat menghemat waktu dengan menggunakan alat manajemen media sosial seperti Hootsuite dan Tailwindapp (untuk Pinterest).
6. Halaman Portofolio
Menampilkan contoh pekerjaan Anda sebelumnya tidak hanya akan membantu merek menentukan keterampilan, tetapi juga gaya Anda. Ini akan membantu mereka melihat apakah Anda cocok dengan produk mereka atau tidak. Jadi, tambahkan karya terbaik Anda di portofolio Anda untuk menarik lebih banyak merek untuk bekerja bersama Anda.
7. Halaman Ulasan
Mintalah testimonial atau ulasan dari klien Anda sebelumnya dan posting di blog Anda. Testimonial juga akan meningkatkan orisinilas Anda.
8. Bagian Unggulan
Inilah cara lain untuk meningkatkan kredibilitas Anda. Apakah Anda pernah ditampilkan di situs web populer dan kredibel? Majalah? Buku-buku? Tampilkan semua itu di situs Anda!
Bagian ini biasanya ditempatkan di About, sidebar, atau footer Anda.
9. Halaman “Work With Me (bekerja dengan saya)” yang dirangcang dengan baik.
Dan tentu saja, Anda memerlukan halaman “Bekerja dengan Saya/Work With Me” atau “Sewa Saya/Hire Me” yang baik. Pastikan untuk menambahkan layanan yang Anda tawarkan; jelaskan dengan spesifik dengan siapa Anda bekerja dan mengapa mereka harus bekerja dengan Anda. Anda juga dapat menambahkan ketersediaan Anda.
Itulah beberapa poin yang seharusnya anda pertimbangkan untuk dibuat se-menarik mungkin, se-professional mungkin. jadi pastikan anda mengelola blog anda seperti sebuah bisnis ya..
saya bukanlah master dalam urusan ngeblog. tapi saya suka membaca dan belajar tentang blogging. saya rasa kita semua sepakat bahwa "Man Jadda Wajada", jadilah bloggger produktif, professional agar bisa terus maju.
jika anda memiliki pertanyaan bisa email saya di mahmoemasha@gmail.com
anda memiliki saran atau tips bermanfaat bagi pembaca lainnya? share dan diskusikan yuk di komentar!
No comments:
Post a Comment