Thursday, August 30, 2018

NEWBIE: Halaman "About Me" Harus Spesial, Tunjukkan Kepada Kolega Bisnismu

Saya suka membaca blog. Saya juga mengunjungi banyak situs web yang berbeda-beda, terkadang saya membuka blog hanya untuk memberikan umpan balik dan di waktu lain juga karena ada tautan yang menarik perhatian saya. Saya sudah ngeblog selama lebih dari tiga tahun. Di internet tahun itu tidak se-Modern saat ini. Saya telah melihat banyak halaman “Tentang Saya/About Me” sejak tiga tahun tersebut. Ada diantara halaman-halaman itu yang sangat bagus dalam menarik perhatian, dan ada juga yang tidak begitu bagus atau biasa saja.
Sebelum saya membahas jauh tentang ini, saya ingin mengklarifikasi bahwa ada perbedaan antara halaman “Tentang Saya” untuk seorang blogger dan halaman "Tentang" bisnis. Dan jika Anda berdua ngeblog dan menjalankan bisnis di situs yang sama, Anda perlu mempertimbangkan kedua pihak untuk menemukan apa yang paling sesuai untuk Anda dan situs anda.
Sebagai seorang blogger, Anda harus memberikan kesan atau citra yang baik tentang kepribadian Anda, dan ikhtisar tentang apa yang dapat ditemukan di situs Anda. Dalam hal blog, Anda tidak menjual produk, Anda “menjual” DIRI ANDA.
BAGAIMANA CARA MENULIS HALAMAN "ABOUT ME":

Jika situs Anda semata-mata untuk tujuan bisnis, Anda harus menggunakan laman "Tentang" untuk menyampaikan beberapa fakta sederhana tentang produk atau layanan yang tersedia di situs, tujuan bisnis Anda, sambil menunjukkan bagaimana Anda bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi dengan cara yang berbeda ketika mereka mengunjungi situs Anda.
Sebelum Anda mulai menulis halaman “About Me” Anda, ada beebapa hal yang perlu dipertimbangkan. Karena saya seorang Newbie dan terutama seorang blogger, saya akan menangani ini dari perspektif blogger. Dan dari sudut pandang pembaca blog. Jika Anda pemilik situs web bisnis, andalkan Google atau Pinterest untuk pemasaran atau marketing. Ada banyak kiat hebat yang tersedia di sana!

BAGAIMANA CARA MENULIS HALAMAN "ABOUT ME":

1. IDENTIFIKASI TARGET AUDIENCE ANDA.


Jangan lewati langkah ini. Ini adalah inti dari blog Anda. Jika Anda tidak tahu untuk siapa Anda menulis, Anda tidak akan pernah menemukan audien. 
Jadi untuk sesaat, mari kita berangan-angan. Bayangkan di benak Anda orang-orang bahwa Anda ingin membaca blog Anda. Siapa yang kamu lihat?
Ibu-ibu yang lelah, yang hanya membutuhkan hiburan dan membutuhkan istirahat dua menit dari pekerjaan rutin yang barangkali “membosankan”(dalam arti harfiah) yang tidak pernah berakhir? 

  • Pembeli yang mencari promo?
  • Seseorang  yang membutuhkan motivasi? 
  • Blogger yang mencari berbagai macam kompetisi?


Setelah Anda tahu untuk siapa Anda menulis, lebih mudah untuk membuat halaman “About Me” Anda. Jika Anda ingin menjadi blogger profesional, Anda bisa. Jika Anda berpikir Anda histeris dan Anda menulis untuk menghibur ... its looks so great! Sangat bagus!

TAHU ANDA "MENGAPA"ANDA MEMBUAT BLOG.


Apa slogan situs Anda, Anda mungkin memiliki alasan mengapa Anda tahu. Ada sesuatu hal yang memberi Anda pemahaman yang lebih dalam tentang alasan mengapa anda membuat blog, niche apa yang akan diambil?.
Anda mungkin baru saja secara asal memulai blogging tanpa niche atau tagline yang jelas, dan mungkin juga masih belum tau harus menggunakan nama domain yang mana, atau apa nama blog anda. * Ahem *
(Tahukah Anda bahwa saya membutuhkan waktu satu tahun… SELURUH TAHUN… untuk membuat tagline saya dan mencari passion saya?) itu tidak buruk, Saya tidak menyesal sama sekali! Alih-alih langsung mendapat ide, tidak seperti itu! saya dapat ide secara perlahan dengan mengeksplorasi berbagai topik dan mencari tahu apa yang membuat saya tertarik dan apa yang paling saya sukai. Kemudian ide-ide itu mulai muncul dari dalam diri saya!
-Tayler di The Morrell Tale menulis posting yang bagus tentang UnBranding dan bagaimana cara ia mengerjakan blognya dengan baik! Jangan menekankan jika Anda tidak dapat mempersempit niche atau membuat tagline yang menakjubkan, terutama jika Anda baru memulai.
Bahkan tanpa niche atau tagline yang didefinisikan dengan baik, masih ada “alasannya.” Kita semua memiliki sesuatu di dalam diri kita yang membuat kita memutuskan untuk membuat blog dan membagikan info ke ruang publik yang terbuka lebar bagi siapa saja di dunia untuk membaca dan mengaksesnya.
Jadi, ketahui alasan Anda dan cantumkan di halaman "Tentang Saya/About me" anda.

APA YANG BERBEDA DARI ANDA (KEAHLIAN, KEHEBATAN, KEUNIKAN)?

Orang akan melihat langsung melalui halaman itu. Pembaca, calon klien bisnis anda. Jadi maju dan tunjukkan keunggulan anda diri. Jika Anda benar-benar hebat dalam sesuatu hal, beri tahu saya. Saya ingin tahu. Kenapa saya harus tertarik mengklik halaman "Tentang Saya"? Apa yang membuat Anda berbeda dari 947.382 blogger lain di luar sana? (Dan itu hanya yang saya ketahui.)
Jika Anda membuka halaman "About Me" milik maria, Anda akan menemukan beberapa kejadian yang telah membentuk inspirasinya hingga dapat menemukan passionnya untuk blog. Anda akan menemukan pengalamannya. Dan Anda akan belajar tentang siapa dia sebenarnya. Iya nih. dia suka barang dan gadget berteknologi tinggi. Tapi dia juga seorang musisi dan mentor di grup marketing. Beberapa di antara keahlian dan kegemaran itu benar-benar bisa dijadikan inspirasi untuk apa yang dipilihnya untuk ditulis, tetapi kebanyakan juga tidak.

CANTUMKAN SEMUA PASSION ITU:

Sekarang untuk menarik informasi ini bersama-sama dan buat "About Me" Anda menarik.
Gunakan suara blogging Anda yang terbaik
Rencanakan pengeditan dan terus update “About Me” anda. sampai Anda merasa cocok. Halaman ini seperti batang pohon blog Anda. Selain dari halaman rumah Anda itu akan menjadi halaman PALING DIKUNJUNGI (terutama sekali para klien) Anda di blog Anda (selama Anda membuatnya mudah ditemukan!).
Cantumkan foto yang akan membantu Anda menjadi lebih dari sekadar kata-kata dua dimensi. Kami adalah masyarakat visual, jadi tunjukkan apa yang membuat Anda sukses, jangan hanya memberi tahu kami.
Tempatkan gambar Anda di sidebar blog bersama dengan bio singkat Anda dan tautkan ke halaman "Tentang Saya/About Me". 
Tambahkan halaman “Tentang Saya” Anda ke menu navigasi utama Anda. Jangan menyembunyikannya di bawah submenu atau membuatnya sulit ditemukan. Jika saya tidak dapat menemukannya, saya kemungkinan besar tidak akan pernah kembali ke blog Anda lagi. Dan saya cukup yakin saya bukan satu-satunya yang akan melakukan hal semacam itu.
Anda tahu bahwa semua itu Sulit “bagi yang menganggapnya sulit”. Dibutuhkan keberanian. Berikan kualitas blog Anda. Bangun hubungan dengan pembaca Anda! Dan Ini dimulai dengan halaman "Tentang Saya" Anda!

Tuesday, August 28, 2018

MENGEMBANGKAN BLOG:Siap Bekerjasama Dengan Brand? Inilah 9 Hal Yang Harus Dimiliiki Blog

Berikut ini rangkuman dari Pauline Cabrera dari hipmediakits.com tentang 9 Hal Yang Harus Dimiliiki Blog Jika Ingin Bekerjasama Dengan Brand Atau Produk
Memiliki blog membuka kesempatan berbisnis bagi siapa saja. Untuk memulainya bahkan bisa dengan paket gratis dari blogger atau wordpress misalnya. lalu mengembangkannya menjadi blog bisnis.
Apakah anda ingin mengembangkan blog? Apakah Anda ingin menjadi business blogger professional?
Yang perlu digaris bawahi adalah Blog Anda menggambarkan siapa Anda, so, jadilah diri sendiri. Tentunya untuk menjadi blogger bisnis anda ingin disukai. Anda ingin dipercaya bukan?
Tetapi bagaimana cara menjadi blogger bisnis professional?
Buat para brand, calon klien anda menyukai blog-mu. Buat mereka jatuh cinta dengan blog Anda.
Tunjukkan bahwa anda adalah client yang unggul, Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda adalah orang yang cocok untuk bekerjasama dengan mereka.
Di bawah ini adalah hal-hal yang ingin dilihat oleh merek ketika mereka memeriksa blog Anda. Para Brand marketer akan menilai orisinilitas blog anda. Ingat!, apa yang kita lihat adalah apa yang kita dapatkan.
9 Hal Yang Harus Dimiliiki Blog Jika Ingin Bekerjasama Dengan Brand Atau Produk
freepik.com

Berikut adalah hal-hal penting (tanpa urutan tertentu), Anda harus menjadikan brand yang anda ingin bekerja sama, menilai Anda sebagai blogger profesional yang dapat mereka percayai.

1. Desain Blog Professional

1. Desain Blog Professional
freepik.com

Di akui atau tidak, orang-orang menilai buku dari sampulnya. Jadi tujuan pertama Anda adalah untuk menarik merek secara visual dengan situs web yang tampak profesional yang menarik bagi target pasar Anda. Merek tidak akan menganggap Anda serius jika Anda memiliki situs web yang tampak seperti amatir dan tidak professional.
Seperti apa desain situs web professional itu?

Desain situs web yang efektif harus:

Miliki pesan yang jelas dan ringkas tentang apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda tawarkan. Anda ingin merek mencari tahu apa yang Anda lakukan ketika mereka langsung membuka situs web Anda. Saya merekomendasikan anda menaruh investasi pada copywriter atau jasa penulis konten yang baik. (nah tau kan kenapa harus sewa segalanya, Domain, hosting dan sebagainya?)
Mudah dinavigasi dan mudah dilihat
Memiliki tata letak yang konsisten dan “tampilan” atau tema yang konsisten untuk setiap elemen
Memiliki font yang mudah dibaca (sangat penting!)
Memiliki ajakan bertindak yang nyata ((a.k.a CTA (ada tombol “work with me”, tombol kontak)). Jangan menggunakan CTA yang terlalu banyak! Ini hanya akan membingungkan pengguna.
Kompatibel dengan peramban internet utama, template yang Mobile Friendly
Gunakan warna yang saling melengkapi satu sama lain (warna yang nyaman dilihat)
Memiliki logo unik
Hindari penggunaan terlalu banyak gambar, latar belakang yang terlalu rumit, gifs atau elemen bergerak, gambar berkualitas rendah, musik latar, hit counter (TIDAK ADA!), Gaya tanpa tren seperti tombol 3d, bayangan, cahaya bercahaya. Dengan kata lain, hilangkan elemen yang tidak perlu yang hanya akan mengalihkan perhatian pengguna Anda.
Investasikan pada desainer web profesional yang dapat membuat desain blog khusus untuk Anda. Jika Anda memiliki anggaran, Anda dapat membeli tema hebat dari penyedia tema profesional seperti Themeforest atau Bluchic kemudian miliki desainer web untuk menyesuaikannya dengan merek Anda.

2. Halaman "About" yang kreatif

Jadi Anda telah menarik pemasar merek dengan tampilan visual blog anda, lalu apa lagi?
Hal berikutnya yang kemungkinan besar akan mereka temukan adalah halaman “about me” Anda. Buat mereka tertarik dengan anda, buat mereka tahu lebih banyak tentang Anda.
Selain memiliki sedikit uraian "About me"  di sidebar atau di footer Anda, Anda harus memiliki halaman sendiri tentang keunggulan anda. Manfaatkan halaman ini untuk menunjukkan kepribadian Anda, dan gairah Anda. Halaman “About me” yang hebat terdiri dari:
Deskripsi blog Anda - Beri tahu orang tentang apa blog Anda sebenarnya, mengapa Anda membuatnya, topik apa yang biasanya Anda posting dan mengapa blog Anda penting.
Biografi Anda, foto diri dan cerita Anda - Pemasar merek ingin melihat latar belakang Anda, jadi beri tahu siapa Anda, dari mana Anda berasal, soroti keahlian Anda, pengalaman bertahun-tahun Anda, dan beri tahu mereka bagaimana Anda sampai ke tempat kamu hari ini. Dan eh, jangan lupa untuk menambahkan nama Anda!
Fitur –Di mana saja Anda? Sudahkah Anda ditampilkan atau ditautkan di situs web yang kredibel? Tambahkan mereka ke halaman tentang Anda. Ini meningkatkan kredibilitas blog Anda.
Tentang pembaca atau statistik lalu lintas Anda - Bagikan informasi singkat tentang pembaca Anda (siapa mereka) dan statistik lalu lintas Anda.
Info kontak + tautan ke media sosial Anda - Meskipun Anda memiliki formulir kontak, Anda tetap harus selalu menempatkan formulir kontak atau tautan kontak di halaman tentang Anda untuk memudahkan mereka menghubungi Anda. Ingat, Anda menyuruh mereka membaca sampai ke bagian bawah halaman “Tentang” Anda, itu artinya mereka tertarik!

3. Media Kit yang mudah dipahami

Media kit Anda seperti sebuah resum yang Anda tunjukkan kepada brands untuk memperkenalkan diri dan blog Anda. Ini adalah tempat Anda menampilkan informasi blog Anda, biografi, audiens, dan layanan Anda.
Sebagian besar pemasar merek akan meminta perangkat media Anda karena lebih mudah bagi mereka untuk menentukan apakah mereka harus bekerja dengan Anda atau tidak.
Jadi manfaatkan media kit Anda untuk memamerkan apa yang Anda miliki dan beri tahu mengapa mereka harus bekerja dengan Anda.
Biasanya diformat dalam format PDF atau PNG dan biasanya ditautkan di navigasi atas atau di footer situs Anda. Anda juga dapat menambahkan perlengkapan media Anda di halaman "Sewa Saya" atau "Bekerja Dengan Saya".

4. Ke-Aktifan ngeblog

Pastikan bahwa Anda memiliki setidaknya 2-4 posting baru per bulan. Semakin banyak pembaruan baru, semakin baik. Tidak seorang pun ingin bekerja dengan seseorang yang tidak pernah memposting konten baru. Itu sebabnya Anda adalah blogger bisnis terbaik bukan?
Juga, pastikan bahwa Anda telah melibatkan pembaca. Jadi selalu promosikan setiap kali Anda memposting konten baru.

5. Aktif di Sosial Media

Sebagian besar merek lebih memilih blogger dengan pengikut aktif dan terlibat jadi pastikan saluran media sosial yang Anda tautkan di situs atau perangkat media Anda aktif.
Anda dapat menghemat waktu dengan menggunakan alat manajemen media sosial seperti Hootsuite dan Tailwindapp (untuk Pinterest).

6. Halaman Portofolio 

Menampilkan contoh pekerjaan Anda sebelumnya tidak hanya akan membantu merek menentukan keterampilan, tetapi juga gaya Anda. Ini akan membantu mereka melihat apakah Anda cocok dengan produk mereka atau tidak. Jadi, tambahkan karya terbaik Anda di portofolio Anda untuk menarik lebih banyak merek untuk bekerja bersama Anda.

7. Halaman Ulasan

Mintalah testimonial atau ulasan dari klien Anda sebelumnya dan posting di blog Anda. Testimonial juga akan meningkatkan orisinilas Anda.

8. Bagian Unggulan

Inilah cara lain untuk meningkatkan kredibilitas Anda. Apakah Anda pernah ditampilkan di situs web populer dan kredibel? Majalah? Buku-buku? Tampilkan semua itu di situs Anda!
Bagian ini biasanya ditempatkan di About, sidebar, atau footer Anda.
9. Halaman “Work With Me (bekerja dengan saya)” yang dirangcang dengan baik.
Dan tentu saja, Anda memerlukan halaman “Bekerja dengan Saya/Work With Me” atau “Sewa Saya/Hire Me” yang baik. Pastikan untuk menambahkan layanan yang Anda tawarkan; jelaskan dengan spesifik dengan siapa Anda bekerja dan mengapa mereka harus bekerja dengan Anda. Anda juga dapat menambahkan ketersediaan Anda.

Itulah beberapa poin yang seharusnya anda pertimbangkan untuk dibuat se-menarik mungkin, se-professional mungkin. jadi pastikan anda mengelola blog anda seperti sebuah bisnis ya.. 

saya bukanlah master dalam urusan ngeblog. tapi saya suka membaca dan belajar tentang blogging. saya rasa kita semua sepakat bahwa "Man Jadda Wajada", jadilah bloggger produktif, professional agar bisa terus maju. 

jika anda memiliki pertanyaan bisa email saya di mahmoemasha@gmail.com

anda memiliki saran atau tips bermanfaat bagi pembaca lainnya? share dan diskusikan yuk di komentar!

Thursday, August 23, 2018

Blogging Journey: Mengelola Blog dari Nol Sampai Menghasilkan $9.600 dalam 18 Bulan

Kristin larsen membagikan perjalanannya tentang Perkembangan pendapatan blognya selama 18 bulan, yang bukan Newbie dan males baca, abaikan postingan ini!


sebelumya saya mau ucapkan terimakasih buat miss Kristin, karena telah membagikan informasi berharga ini. Thank you kristin... jika anda ingin melihat versi aslinya (dalam bahasa inggris) bisa anda dapatkan di website believeinbudget.com, blog milik Kristin Larsen, disana akan ada banyak postingan tentang blogging yang aktual... ada laporan keuangan blog juga, silakan deh buka aja daripada penasaran.
kalau anda blogger dan berbisnis lewat blog, selamat, kita sama!
sebenarnya tulisan ini hanya untuk dibaca Newbie sih, ini pemula banget.
ehm, baiklah. sebagai seorang pebisnis, sudahkah menetapkan jadwal dan konsistensi ngeblog? sudah merawat blog anda seperti halnya merawat bisnis? jika belum, itu berarti anda melakukan kesalahan yang sama dengan yang saya lakukan beberapa bulan bergelut di per-Bloggingan. saya rasa, ada sebuah cerita oleh Kristin Larsen yang akan menyadarkan sekaligus memberi inspirasi anda tentang apa yang mestinya anda lakukan pada blog anda, terutama calon pebisnis.
langsung saja lah, lets! Check It Out..., ini ceritanya

Blogging Journey, cara mengelola Blog dari Nol Sampai Menghasilkan $9.600 dalam 18 Bulan

Belajar tentang bagaimana cara memulai blog adalah satu dari hal terbaik yang pernah saya lakukan. Ketika saya meluncurkan blog saya satu setengah tahun yang lalu, saya termotivasi ingin membuat blog yang menghasilkan, tapi sayang sekali saya tidak tahu pasti apa yang harus saya lakukan. banyak percobaan saya lakukan, yang juga sering gagal. Dan saya senang sekali rasanya bisa melaporkan perjalanan blogging selama 18 bulan ini.

Peringatan: postingan ini panjangnya 3000an kata. hanya ada dua pilihan bagi anda


  • Jika anda ingin membuat blog yang menghasilkan pendapatan, jangan lewatkan postingan ini. Scroll sampai bagian paling bawah laman, Jika anda ingin melihat bagaimana saya melewati bulan demi bulan ngeblog, bagaimana saya menambah penghasilan blog saya dari yang mulanya $60 menjadi $9.600 keep reading!
Banyak hal terjadi 18 bulan terakhir ini. Saya banting setir dari yang semulanya part time blogger menjadi full time blogger. Saya berhenti dari pekerjaan harian saya dan sekarang saya benar-benar menghidupi diri dari aktivitas blogging
Saya mulai menyediakan layanan freelance di pinterest ketika saya melihat peluang di bidang ini. Saya bahkan melayani dua kursus. Yaitu side hustling dan yang satunya lagi tentang konten marketing di pinterest. Yang saya ajarkan dan saya bicarakan di workshop secara langsung. Saya juga menyediakan template dasar pinterest untuk blogger dan pebisnis yang sedang memiliki kebutuhan untuk membuat pin di pinterest untuk pemasaran.
sementara ini, saya merasa banyak hal yang telah saya capai, itu tidak terjadi hanya semalam! Semua butuh kesabaran. Semua yang terjadi adalah sebuah kemajuan alami dan terjadi begitu saja, meskipun saya memiliki target tersendiri.
beberapa orang tertarik untuk membuat blog dan menghasilkan uang dan itulah peluang yang saya ambil! ini adalah contoh yang membuktikan bahwa kerja keras pasti akan terbayar.
Saya ingin membagikan Bagaimana rangkaian proses yang saya tempu. tahap demi tahap saya membuat blog yang bisa menjadi bisnis atau penghasilan bagi saya, dengan merasakan apa saja yang sudah saya alami,  saya yakin anda juga bisa melakukannya juga.
Saya telah membuat grafik untuk menunjukkan ikhtisar dan ringkasan dari perkembangan blog ini.
Sederhananya, berikut ini detail seperti apa yang terlihat di paper penjelasan. 
Namun ikhtisar ini tidak menjelaskan secara keseluruhan, masih banyak penjelasan dan lebih kompleks daripada ini! saya akan menjelaskan bulan demi bulan yang saya lalui (singkatnya, saya tidak ingin membuat anda jenuh dengan menampilkan beberapa detailnya. Haha)
Ini adalah grafik pendapatan blog saya bulan demi bulan selama 16 bulan. Usia blog saya 20 bulan. saya tidak membuat penghasilan blog saat blog saya baru berdiri sampai usia 4 bulan
Empat bulan pertamanya saya fokus menulis konten. Menemukan gaya penulisan, menetapkan dan mempertahankan pola blogging  khas saya sendiri.
Sejauh ini saya masih tidak percaya melihat kembali semua perkembangan ini. Kadang saya merasa seperti seorang blogger baru karena melihat banyaknya yang harus diperbaiki dari ketidaksempurnaan blog saya.
Dilain hari saya merasa saya telah menjadi blogger professional dan merasa percaya diri di suatu hal yang saya mampu seperti halnya meningkatkan trafik dengan meng- upload pin di pinterest
Ini juga pertamakalinya saya membuat list pendapatan blog saya dan bagaimana menganalisa pendapatan saya, hubungannya dengan darimana saja sumber dari pendapatan di tulisan saya. terlihat seolah pendapatan saya selalu bertambah. Ini mungkin benar atau mungkin saja tidak benar.
Mengapa saya mengatakan ini? Sementara kelihatannya tiap bulan pendapatan selalu bertambah karena ada sumber pendapatan yang baru. Percayalah,  ini tidak selalu sama dan stabil. Adakalanya sumber pendapatan lain hilang dan sumber pendapatan baru datang.
Contohnya saja, satu bulan pendapatan saya dari produk atau brand mungkin secara keseluruhan menambah pendapatan blog, tetapi pendapatan iklan saya mungkin berkurang. Tiap bulan jumlah pendapatan dari semua sumber pendapatan saya selalu berbeda. Tidak selalu sama.
Pendapatan blog terkadang menurun drastis di suatu bulan.
Di awal-awal ngeblog, saya sama sekali tidak mengetahui bagaimana membuat blog yang menguntungkan. benar-benar memusingkan.
Seperti yang telah saya sebut di atas, empat bulan ngeblog saya tidak menghasilkan apapun karena saya tidak coba untuk monetisasi. Sejujurnya itu tidak penting. Saya hanya ingin fokus pada pembuatan konten blog terlebih dahulu sebaik mungkin, menjaga konsistensi menulis, dan menetapkan diri saya sebagai blogger yang handal.
Sementara itu strategi saya kini berubah total, saya menulis tiga postingan perminggu (yang saya pertahankan selama bertahun-tahun) saya fokus untuk menetapkan jadwal, merawat blog saya seperti merawat sebuah bisnis, menyerap dan mempeajari informasi sebanyak mungkin. Saya kira saya bisa menyebut periode empat bulan ini dengan kata pre-profitable saya.
Lama kelamaan, saya berhasil memiliki beberapa sumber pendapatan. Trik mengambil kesempatan yang lebih baik untuk menambah pendapatan saya, atau paling tidak menjaga nya tetap konsisten dan mempertahankan yang telah saya capai,
Mengapa? Inilah alasannya.
Pertama, anda tidak pernah tau kapan sumber pendapatan akan berhenti, contohnya begini.
Jika anda seorang freelancer, mungkin saja client anda ingin menghentikan layanan anda. Itu artinya anda kehilangan pekerjaan anda, (jadi kalau bisa anda memiliki lebih dari satu client, atau bisa melihat kemungkinan seperti ini, jadi anda tidak perlu terkejut saat hal seperti ini terjadi)
Jika anda seorang affiliator untuk suatu program, apa yang akan anda lakukan jika program afiliasi itu tidak dilanjutkan?
Anda hanya perlu mengamati beberapa hal. Ketika pertamakalinya saya monetisasi website saya, saya memulainya dengan satu sumber.
Pendapatan saya rendah, kadang juga tidak mendapat menghasilkan uang.
Hari ini, saya mengandalkan pada lima sumber pendapatan. Dengan memiliki beberapa arus pendapatan, saya memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menghasilkan uang secara konsisten dan stabil
Jika satu sumber penghasilan menurun, sumber pendapatan saya lainnya umumnya tetap baik dan terkendali, jadi saya tidak terlalu khawatir. Ini lumayan mengurangi rasa stress saya

  • Bulan 1-3

Pada bulan-bulan pertama blogging, saya mulai mencoba menggunakan pendapatan afiliasi. Saya tidak begitu mengerti bagaimana sistem dan cara kerjanya ataupun bagaimana memasang dan menerapkan di blog saya. Saya memutuskan untuk menambahkan beberapa produk di websiteku. Saya benar-benar ingin menetapkan untuk mempunyai tiga produk afiliasi yang saya promosikan. Kesemuanya adalah produk yang berkaitan dengan website saya yang saya gunakan, seperti tema yang saya gunakan atau buku tentang blogging yang saya pelajari
Begitu! tentu saja, coba anda lihat kembali. Ini permulaan yang bagus, tapi saya tidak benar-benar bisa menggunakan afiliasi dengan baik dan optimal. Saya menyebut produk itu dalam beberapa kalimat disini dan juga pada beberapa postingan blog yang lain. Entah bagaimana, saya berusaha untuk mendapat beberapa penjualan dalam kurun waktu ini.

Pendapatan afiliasi merupakan sumber tunggal saya dalam periode ini


  • Bulan 4-5

Di masa ini, saya mulai membagikan postingan tentang bagaimana pinterest bisa membantu saya mendapatkan banyak trafik. Sebenarnya saya ingin membuat postingan tentang manajemen keuangan secara pribadi, tetapi saya memutuskan untuk keluar dari zona nyaman saya dan menulis tentang pinterest.
Saya menulis postingan blog tentang bagaimana trafik saya meningkat dari yang semula 5,000 menjadi 17,000 page view dalam satu bulan dan postingan itu banyak di share di sosial media, dan mendapat banyak trafik.
Para blogger menghubungi saya dan meminta agar membantu mereka menggunakan akun pinterestnya.
Karena tudak cukup yakin akan kemampuan saya,  apa yang harus dilakukan, saya ragu dengan peluang ini. Di sisi lain, para client potensial akan membayar saya dengan menolong mereka. Peluang yang luar biasa! Dan di sisi lain saya tidak pernah benar-benar tau bagaimana cara mengajar dengan sistem freelancing online, sebagai sumber pendapatan saya
Saya memutuskan untuk mengambil peluang yang disediakan untuk saya itu dan go for it! Sejak itu saya menjadi pinterest manajer.

Saya menambahkan halaman "hire me/work with me" di blog saya. Halaman ini memberi jalan kepada pelanggan potensial saya untuk memahami layanan yang saya tawarkan dengan katalog harga atau sample pricing. Lalu pada bulan selanjutnya, saya menerima upah dari pelanggan.

  • Bulan 6

Akhirnya setelah satu bulan menunggu, saya mendapat cek dari google adsense. Yaay, sejauh ini,  inilah check dengan nominal terbesaryang saya terima yaitu senilai $100. Inilah mengapa saya sarankan, kenapa anda tidak perlu ragu untuk mencari pendapatan iklan sejak waktu-waktu pertama  blogging.
Dalam kurun ini, saya menambah media sebagai sumber tambahan dari pendapatan iklan seperti numus. Sekarang saya memiliki tiga perusahaan sumber iklan yang saya pasang di website saya untuk melihat iklan perusahaan mana yang memberikan hasil terbaik bagi saya. I am all about the options!
Pendapatan freelance saya juga mulai bertambah saat saya mulai mematok harga layanan karena rating yang bertambah  tinggi disebabkan permintaan yang meningkat. Ini adalah titik yang mengejutkan yang tak pernah saya duga sebelumnya akan menjadi penghasilan tambahan saya! Saya sangat bersyukur, maka saya katakan "ya" untuk kesempatan seperti ini. Ini benar-benar menambah penghasilan ngeblog saya. Penghasilan dari pekerjaan full time saya sekali lagi benar-benar sangat luar biasa

Oke, Pendapatan pada periode ini datang dari tiga sumber: 


  • pendapatan afiliasi, 
  • pendapatan jasa freelance saya sendiri 
  • dan juga pendapatan iklan

  • Bulan ke 7-10 ngeblog

Saya merilis produk pertamaku. Sebuah ebook tentang bagaimana cara side hustle. Saya mulai mempromosikan buku ini di situs saya. Saya juga memberi kesempatan para blogger lain untuk berafiliasi dan mempromosikan buku saya.
Page view saya menanjak drastis karena pinterest strategy yang saya terapkan dan karena permintaan client saya, 
Karena setiap orang berusaha menyelesaikan suatu pekerjaan sebelum musim liburan tiba.
Ini adalah bagian paling sibuk bagi saya tahun ini khususnya, dan periode tersibuk pada umumnya.

Pendapatan blog saya pada periode ini  datang dari 4 sumber penghasilan; pendapatan dari afiliasi, pendapatan jasa freelance saya. Pendapatan jasa iklan, serta pendapatan dari produk

  • Pendapatan blogging bulan ke 11-14

Itu bulan krusial bagiku. Banyak hal terjadi selama periode ini, dan itu terlalu menekan saya, tapi sejauh ini berjalan dengan  baik
Saya meluncur pada zona baru dengan menjangkau brand. Karena beberapa alasan, saya memiliki tujuan personal. Target saya adalah menunggu mencapai 100.000 pv secara konsisten  dengan begitu  blog saya sudah cukup layak untuk bekerja sama dengan brand. Saya mencariinformasi sebanyak mungkin, saya membaca banyak postingan dari yang super penting sampai  informasi yang tidak begitu penting, sejauh itu saya tidak bisa menemukan brand yang bisa bekerja sama dengan saya sampai saya bisa mendapat certain number. Sebenarnya car saya tadi tidak tepat, 
Lihat kembali, saya harus mulai berusaha menjangkau brand atau merk sebanyak mungkin.  Karena masih permulaan,  maka saya meminta kompensasi yang lebih rendah. Akhirnya ada merk yang datang untuk bekerja sama dengan saya dan hal ini menjadi sebuah keseruan baru bagi saya. Sumber pendapatan baru yang menyenangkan bagi saya
Sementara saya enjoy dengan pekerjaan dengan brands. 
Saya ingat, Pada tahap-tahap awal ngeblog, saya memimpikan bekerja sama dengan brand dan mengira bahwa ini akan menjadi jalan yang mudah untuk mendapat penghasilan.
Alhasil, blog saya sekarang seperti bayi Dan saya harus menjaganya setiap saat. Setiap keputusan yang saya buat, itu berdasarkan pembaca saya. Jika pembaca merasa bahwa suatu produk itu sangat membantu, maka dengan senang hati saya akan  tertarik untuk menjualnya. 
Tidak banyak,  Saya membatasi jumlah brand atau produk yang bekerja sama dengan saya (tiga maksimal ).
Saat ini juga,  saya menerima iklan dari perusahaan sipil. 
Saya berhenti dari google adsense, media dan numus lalu menggunakan adThrive untuk semua iklan di website saya. Pendapatan iklan saya meningkat dengan sendirinya tanpa merubah apapun di blog saya.
 Dengan adanya pendapatan dari private ad, saya merekomendasikan, lebih baik membuka jasa iklan daripada dengan google adsense atau sejenisnya.
Permintaan dari klien saya juga meningkat sehingga banyak permintaan client baru yang saya tolak. Saya merasa bahwa ada suatu hal yang harus di ubah. Hal ini memancing saya agar berpikir cepat, akhirnya saya memutuskan untuk mengadakan kursus pertama saya yang saya beri nama "pinterest presence"

Pendapatan blog saya sekarang datang dari lima (5) sumber; pendapatan afiliasi, pendapatan freelance, pendapatan iklan, pendapatan iklan brand, dan juga pendapatan dari produk

  • Bulan ke 15

Selama periode ini saya mulai menerima pendapatan dari kursus "pinterest presence" yang saya buka pada bulan ke 13. Jika anda kebingungan mengapa ini tidak saya list pada bulan sebelumnya, karena ini adalah kursus bulanan. Jadi setelah satu bulan saya baru bisa menerima pendapatan dari kursus ini.
Kursus yang saya buka bernama pinterest presence. Saya membanting stir membantu blogger dan para pebisnis melakukan marketing atau pemasaran di pinterest dan mempelajari bagaimana cara menaikkan trafik pada blog dan website mereka.
Kursus itu saya buat karen saya stress dengan kerjaan freelance saya kelebihan klien jika saya tangani satu persatu, sehingga dapat menurunkan potensi datangnya client baru. Saya menghapus halaman hire me atau work with me, meskipun begitu banyak orang masih menemukan jasa saya yang telah saya hapuskan itu melalui blogger yang mempromosikan atau menjadi referal saya.
Kursus itu efektif menghilangkan stress akibat banyaknya klien yang meminta jasa kepada saya melalui email. Dan sekarang saya bisa langsung mengajari mereka tentang pinterest termasuk strategi yang saya gunakan pada blog saya maupun  website atau blog klien
Pendapatan blog saya lewat kursus "pinterest presence".

pada periode ini penghasilan saya datang dari 5 sumber penghasilan blog: pendapatan afiliasi, pendapatan freelance, pendapatan iklan, pendapatan produk (dua produk), dan pendapatan dari sponsor/brands

kesemuanya berjalan lancar sampai 3 atau 4 bulan, pendapatan saya terus mengalir selama beberapa bulan itu. 
Lalu Saya memperkenalkan produk ke-3 saya. Yang juga tidak terduga sebelumnya. Ide ini datang dari apa yang diinginkan oleh pembaca blog saya, dan saya mencoba membantunya. Saya menemukan banyak permintaan tentang bagaimana cara membuat pin di  pinterest
Saya memberi banyak tutorial tentang bagaimana cara supaya saya bisa membantu setiap orang melalui produk tertentu. Tiap orang memiliki kebutuhan yang sama, yaitu tentang bagaimana cara membuat pin di pinterest yang pembaca ingin klik.
Masalahnya adalah bagaimana caranya supaya saya bisa membuat produk yang bisa secara otomatis bisa menjadi penghasilan saya dalam jangka panjang.
Akhirnya, saya menemukan solusinya, yaitu dengan membuat template untuk pin di pinterest yang  dasar, namun client bisa mengeditya sesuai kebutuhan mereka. Pada dasarnya saya menyediakan layout, kerangka dan struktur sehingga semua client bisa mngeditnya sesuai keinginan mereka.
Dalam kurun waktu dekat, saya mulai membuat dan menawarkan produk ini, while produk ini sendiri harganya $10. Dan menjadi pendapatan harian saya yang belum pernah saya rencanakan sebelumnya
Pendapatan blog saya berasal dari 5 sumber pendapatan: pendapatan afiliasi, pendapatan freelance, pendapatan iklan, pendapatan dari produk ada tiga dan juga pendapatan dari sponsor atau brands.
Saya bernostalgia pada pengalaman dari perjalanan blogging saya di bulan-bulan awal. Blog saya usianya kurang dari dua tahun dan saya masih memiliki banyak rencana dan keinginan yang akan saya wujudkan. Saya benar-benar termotivasi dan selalu mendapat ide  super setiap hari memikirkan kemana arah blog saya kedepannya.
Saya berfikir ini sangat luar biasa, saya menjalankan ide saya tentang keinginan saya membuat blog yang akhirnya menjadi pekerjaan full time saya dan menghasilkan banyak keuntungan bagi saya  meskipun tanpa membutuhkan pengalaman sama sekali.
Setiap kali saya menerima email daru para pembaca tentang keinginan mereka membuat blog, saya sangat senang karena saya ingin tiap orang mengambil kesempatan ini juga, jima saya bisa,  maka saya yakin tiap orang bisa!
Timeline Pendapatan Blog dari bulan ke bulan



Entri yang Diunggulkan

PICTURE PERFECT: 5 Tips SEO untuk Blogger Fotografi

Ini adalah tips untuk blogger yang mengandalkan foto di mesin pencari google, saya lebih sering menyebutnya “Blogger Foto”. Tips Foto ini ...